Sunday, April 26, 2009

lima pagi di hari besok, untuk apa?!

sudah menjadi keseharian seorang siswa bangun di pagi hari, sholat subuh, mandi dan lainnya. lalu berangkat sekolah. apalagi hari senin, mungkin upacara.

banyak yang bilang bahwa upacara bendera adalah sebagian dari simbol nasionalisme kita, apa benar? saya sendiri masih bingung sebenarnya, apa sih kriteria seseorang bisa dikatakan nasionalis? bagaimana sih orang yang memang punya nasionalisme tinggi?? apa dari sikap sempurna?? apa dari keikut sertaan menjadi petugas upacara?? WTF

banyak yang menyerukan bahwa kita harus memakai prodak asli indonesia, sebagai rasa nasionalisme yang besar. lagi lagi nasionalisme, sebenarnya apa sih nasionalisme itu?? apa cirinya?? bagaimana wujudnya?? kenapa harus selalu dikait2kan?? apakah mencintai Indonesia harus lewat upacara? apakah masih relevan? apa masih bertanggung jawab? untuk berpanas-panasan, berdiam dalam terik, dalam silau??

apakah masih ada cara lain yang memang lebih membuat nyaman untuk menyadarkan kita tentang nasionalisme kita? saya tak tahu. hanya egoisme yang menuntun saya untuk menulis ini.

No comments:

Post a Comment